SEJARAH KOMPUTER

pada tahun 1960an departemen pertahanan AMERIKA SERIKAT khawatir akan kemungkinan terjadinya perang nuklir.hal ini membuatnya melkukan penelitian untuk manghubungkan komputer-komputer yang ada di departemen pertahana dalam satu instalasi. komputer tersebut di harapkan dapat saling berkomunokasi dan tetap tetap bertahan jika perang itu bener-benar terjadi. pada bulan oktober 1962 di mulailah program riset komputer di ARPA larry lobert dan thomas marill mencoba membuat koneksi Wide Area Network yang pertama.
mereka menghubungkan komputer Tx-2 diMITdengan komputer Q-32 di santa monika melalui jaringan tlp. dari percobaan tersebut di simpulkan bahwa jaringan telepoin dapat melewatkan data namun tidak efisien karena menghabiskan band width dan mahal. kleinrock memprediksikan model pengiriman paket data merupakan komunikasi antar dua komnputer yang paling memungkinkan.
pada tahun 1966 bobtaylor dariARPAmenerima bantuan dari beberapa universitas di AMERIKA SERIKAT untuk melakukan percobaan membuat jaringan yang menghubungkan komputer-komputer dari sejumlah universitas yang mendanai percobaan ini. tiga tahun kemuudian jaringan tersebut berhasil di buat yang di sebut sebagai ARPANET.
jaringan itu kemudian menjadi cikal bakal lahirnya internet.
internet yang pada saat itu di sebut ARPANET pertama kali online pada tahun 1969. pada awalnya ARPANET menghubungkan komputer-komputer di berbagai universitas antara lain university of california los angeles (ucla)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar